Sabtu, 11 Februari 2012

Jenis-Jenis Program Aplikasi


Jenis-Jenis Program Aplikasi

A.      Identifikasi Program Grafis
Dengan perkembangan dunia bisnis seperti : percetakan, tekstis, penerbitan, televisi, surat kabar. dan lain – lain. Saat ini peluang kerja design grafis terbuka lebar. Oleh karena itu penguasaan terhadap design grafis membuat kita siap untuk bersaing mendapatkan pangsa kerja tersebut.
Dibidang penerbitan surat kabar harian, tuntutan design grafis yang terampil dan mahir sangat diperlukan mengingat pekerjaan yang harus diselesaikan sesuai batas waktu yang untuk terbit pada esok harinya. Hal ini tentunya sangat sulit jika harus dikerjakan secara manual. Dengan bantuan komputer maka design – design tersebut dapat dibuat dengan cepat dan design yang lama dapat diproduksi ulang sehingga dapat menghemat waktu, pikiran dan tenaga.
Saat ini berkembang pesat software atau program untuk design grafis mulai dari Adobe Photoshop, Pagemaker, Macromedia Freehand, Photo Editor dan Corel Draw.



Mengenal Aplikasi Gambar

Saat ini kemajuan dibidang komputer telah meluas hingga ke dunia sekolah pendidikan dasar. Dunia komputer saat ini telah memperkenalkan sedini mungkin tentang kemampuan, bakat dan potensi dunia anak dalam berkarya dan berilustrasi menggunakan komputer
Macam-macam aplikasi pengolah gambar[1]:
·        Microsoft Paint
Menggambar memang mengasyikan, apalagi bagi kita-kita yang memang hobi menggambar. Apa saja ingin kita gambar, pemandangan, binatang, pesawat terbang, kapal, kereta api, dan lain-lain. Pokoknya banyak yang bisa kita gambar. Berikut ini adalah contoh tampilan gambar dari Microsoft Paint.


·        Adobe Photoshop
Adobe Photoshop merupakan perangkat lunak grafis yang menyediakan tool-tool yang berkaitan dan tersusun secara mudah dan menarik untuk menciptakan hasil inovasi gambar dalam bentuk bitmap dan naskah yang baik. Bentuk grafik yang bedasarkan vektor dan naskah bisa di transfer menjadi image yang berdasarkan pixel untuk mendapatkan efek desain yang lebih baik. Berikut ini adalah contoh tampilan gambar Adobe Photoshop.


·        Corel Draw
Program grafis ini besar pengaruhnya terhadap perkembangan desain komputer khususnya dalam pembuatan kartu undangan, liflet, brosur, poster, dan gambar lainnya. Sehingga bagi dunia usaha khususnya advertising biasanya disediakan selalu program Corel Draw. Berikut ini adalah contoh tampilan gambar Corel Draw.
Corel Draw juga memiliki fasilitas untuk mengubah gambar berdimensi vector menjadi berbasis bitmap. Gambar – gambar yang akan diubah merupakan objek – objek berakhiran JPG. Caranya dengan mengimport objek ke dalam dokumen design sesuai dengan keinginan.
Contonya:
  • MENGUBAH OBJEK KE DALAM BITMAP
  • MEMBERI EFEK TIGA DIMENSI
  • EFEK 3D PAGE CURL
  • EFEK SPHERE
  • EFEK ART STROKES
  • EFEK BLUR
  • MEMBERI EFEK COLOR TRANSFORM

Sedangkan dari kelompok Linux contohnya adalah:

GIMP (GNU Image Manipulation Program atau yang lebih dikenal dengan sebutan GIMP adalah perangkat lunak untuk manipulasi grafik berbasis raster. GIMP berjalan pada desktop GNOME dan dirilis dengan lisensi GNU General Public License, lihat Wikipedia Bahasa Indonesia). Contoh lainnya xfig adalah editor grafik vektor sumber terbuka yang berjalan di X Window System pada sebagian besar platformUnix. yang kompatibel dengan Di dalam xfig, gambar dapat dilukiskan menggunakan objek-objek seperti lingkaran, kotak, garis, kurva, teks, dan lain-lain. Juga dimungkinkan untuk mengimpor gambar yang berformat GIF, JPEG, EPS, PostScript, dan lain-lain. Objek-objek itu dapat dibuat, dihapus, dipindahkan, atau diubah. Atribut seperti warna atau gaya garis dapat dipilih menurut beberapa cara. Untuk teks, tersedia 35 font (XFIG , lihat Wikipedia Bahasa Indonesia).


 

B.    Program Aplikasi antivirus


Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (background) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan).

Antivirus - antivirus terbaru sekarang tidak hanya mendeteksi virus. Program antivirus sekarang juga telah dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi spyware, rootkits, dan malware - malware lainnya. Tidak hanya itu, antivirus sekarang dilengkapi firewall untuk melindungi komputer dari serangan hacker dan anti spam untuk mencegah masuknya email sampah dan/atau virus ke inbox pengguna.

Jenis antivirus berdasarkan pengguna

Antivirus berdasarkan penggunanya dibagi menjadi 2, yaitu Home User dan Network /Corporate User. Untuk home user, antivirus berjalan seperti biasa. Untuk versi jaringan (network), antivirus dapat melakukan scan di komputer - komputer client dan network drive. Selain itu, proses update komputer client dalam jaringan tidak harus langsung dari Internet. Komputer client dapat melakukan upate langsung dari server jaringan.

Cara kerja

Pada umumnya, cara kerja antivirus adalah:
  • Pendeteksian dengan menggunakan basis data virus signature (virus signature database):
Cara kerja antivirus ini merupakan pendekatan yang banyak digunakan oleh antivirus tradisional, yang mencari tanda-tanda dari keberadaan dari virus dengan menggunakan sebagian kecil dari kode virus yang telah dianalisis oleh vendor antivirus, dan telah dikatalogisasi sesuai dengan jenisnya, ukurannya, daya hancurnya dan beberapa kategori lainnya. Cara ini terbilang cepat dan dapat diandalkan untuk mendeteksi virus-virus yang telah dianalisis oleh vendor antivirus, tapi tidak dapat mendeteksi virus yang baru hingga basis data virus signature yang baru diinstalasikan ke dalam sistem. Basis data virus signature ini dapat diperoleh dari vendor antivirus dan umumnya dapat diperoleh secara gratis melalui download atau melalui berlangganan (subscription), dan/atau
  • Pendeteksian dengan melihat cara bagaimana virus bekerja:
Cara kerja antivirus seperti ini merupakan pendekatan yang baru yang dipinjam dari teknologi yang diterapkan dalam Intrusion Detection System (IDS). Cara ini sering disebut juga sebagai Behavior-blocking detection. Cara ini menggunakan policy (kebijakan) yang harus diterapkan untuk mendeteksi keberadaan sebuah virus. Jika ada kelakuan perangkat lunak yang "tidak wajar" menurut policy yang diterapkan, seperti halnya perangkat lunak yang mencoba untuk mengakses address book untuk mengirimkan e-mail secara massal terhadap daftar e-mail yang berada di dalam address book tersebut (cara ini sering digunakan oleh virus untuk menularkan virus melalui e-mail), maka antivirus akan menghentikan proses yang dilakukan oleh perangkat lunak tersebut. Antivirus juga dapat mengisolasi kode-kode yang dicurigai sebagai virus hingga administrator menentukan apa yang akan dilakukan selanjutnya. Keuntungan dari cara ini adalah antivirus dapat mendeteksi adanya virus-virus baru yang belum dikenali oleh basis data virus signature. Kekurangannya, jelas karena antivirus memantau cara kerja perangkat lunak secara keseluruhan (bukan memantau berkas), maka seringnya antivirus membuat alarm palsu atau "False Alarm" (jika konfigurasi antivirus terlalu "keras"), atau bahkan mengizinkan virus untuk berkembangbiak di dalam sistem (jika konfigurasi antivirus terlalu "lunak"), terjadi false positive. Beberapa produsen menyebut teknik ini sebagai heuristic scanning. Teknologi Heuristic Scanning ini telah berkembang begitu jauh hingga sekarang. Beberapa antivirus mengecek sebuah file dengan definisi biasa. Jika lolos dari deteksi biasa, maka file tersebut dijalankan di sebuah lingkungan virtual. Semua perubahan yang dilakukan file bersifat seperti virus, maka pengguna akan diperingatkan.

C.    Jenis-Jenis Program Aplikasi Pengolah Kata

Jenis-jenis program pengolah kata sangat banyak, beberapa diantaranya yaitu :


* AbiWord
* KWord
* Microsoft Works Word Processor
* StarOffice Writer
* WordPerfect
* WordPad
* Chiwriter
* WordStar

AbiWord

AbiWord adalah perangkat lunak bebas pengolah kata (‘word-prosesor’) yang mirip dengan Microsoft Word. Ia sangat cocok digunakan untuk melakukan tugas-tugas pemrosesan kata. Program yang diklaim ringan ini pertama kali dikembangkan oleh Abisource.inc sebelum kemudian diintegrasikan kedalam GNOME Office. Ia mampu membaca format dokumen .doc, .sxw, dan beragam format dokumen umum lainnya.

KWord

KWord adalah aplikasi pengolah kata, bagian dari proyek KOffice dari lingkungan desktop KDE.
Meski ada kemiripan nama, KWord bukanlah semata-mata jiplakan dari Microsoft Word. Walaupun diharapkan fitur-fitur utama Word akan didukung oleh KWord, dalam beberapa hal penting terdapat perbedaan antara keduanya. Skema tata letak teks pada KWord mengikuti konsep frame, seperti halnya Adobe PageMaker. Frame dapat diletakkan di mana saja dalam sebuah halaman, dan mencakup teks, grafik, dan objek. Setiap halaman baru pada dasarnya adalah sebuah frame, teks dapat mengalir dalam frame ini karena kemampuan KWord untuk mengaitkan satu frame dengan yang lain. Pemanfaatan frame memungkinan kemudahan penataan teks dan grafik yang rumit sekalipun.

OpenOffice


OpenOffice.org Writer adalah salah satu komponen dalam OpenOffice.org yang berfungsi untuk mengedit dokumen adapun dokumen format yang bisa digunakan adalah .doc .odt .rtf dan bisa export ke .pdf
Memiliki fitur pengolah kata modern seperti AutoCorrect, AutoComplete, AutoFormat, Styles and Formatting, Text Frames dan Linking, Tables of Contents, Indexing, Bibliographical References, Illustrations, Tables.
Program ini sangat mudah digunakan untuk membuat memo cepat, sangat stabil dan mampu untuk membuat dokumen dengan banyak halaman serta banyak gambar dan judul heading.

Microsoft Word


Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2007
WordStar


WordStar adalah sebuah aplikasi pengolah kata, dipublikasikan oleh MicroPro International, pertama kali dibuat untuk sistem operasi CP/M dan kemudian di tulis ulang untuk platform DOS, sempat mendominasi pasar pada era 1980an. Meskipun Seymour I. Rubinstein adalah pemilik perusahaan, Rob Barnaby merupakan pencipta versi-versi awal dari program; dimulai sejak WordStar 4.0, program dibuat berdasarkan kode yang ditulis oleh Peter Mierau.

D.    Software - Perangkat Lunak Program Pengolah Angka


Software / Perangkat lunak pengoah angka merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk penghitungan ( pembuatan laporan keuangan, penghitungan matematika, dll ).
Yang termasuk perangkat lunak pengolah angka yaitu :

1.     Lotus 1-2-3
merupakan aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan IBM. Lotus 123 dikeluarkan dalam satu paket bersama-sama aplikasi Office lainya dan dikenal dengan nama Lotus SmartSuite.

2.     Lotus 5 for windows
Merupakan aplikasi pengolah angka yang didesain khusus untuk system operasi Windows.

3.     Fox Pro
Merupakan Program pengolah angka untuk pengolahan data berupa tabel – tabel.



4.     Microsoft excel 4.3
Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation. Perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia. Microsoft memiliki fitur-fitur yang memungkinkannya diintegrasikan dengan aplikasi Microsoft Office lainnya.

5.     Microsoft excel 97
Merupakan hasil pengembangan dari versi sebelumnya dengan kelengkapan menu yang lebih baik dari sebelumnya.

6.     Microsoft excel 2000
Merupakan aplikasi pengolah angka yang memiliki kesempurnaan dengan grafis yang lebih menarik dari versi sebelumnya.

7.     Microsoft excel 2003
Merupakan versi dari program aplikasi pengolah angka yang lebih canggih dengan penghitungan dengan jumlah angka yang lebih besar.

8.     Microsoft excel 2007
Merupakan pengolah angka yang mempunyai grafis yang sangat baik dan hanya bias dijalankan pada computer yang memiliki system operasi Wondows XP sp 2 dan RAM minimal 512 MB serta processor yang tinggi.
E.      Perangkat Lunak Multimedia

Perangkat lunak multimedia adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah beberapa media informasi, seperti teks, image/gambar, audio, grafik, video, dan interaktif. Banyak sekali jenis aplikasi multimedia, mulai dari yang sekedar hanya untuk melihat (view) saja sampai dengan membuat dan mengeditnya.

Media Player.

Media player adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk memainkan informasi dalam bentuk audio dan video. Biasanya aplikasi media player saat ini sudah bisa untuk memainkan baik informasi audio maupun video. Beberapa jenis perangkat lunak media player adalah:
o       Windows Media Player, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp. Perangkat lunak ini ikut dalam paket Microsoft Windows.
o       Winamp, bersifat freeware/komersial dan diproduksi oleh Nullsoft Inc..
o       WinDVD, bersifat komersial dan diproduksi oleh Intervideo.
o       PowerDVD, bersifat komersial dan diproduksi oleh Cyberlink.
o       Musicmatch Jukebox, bersifat komersial dan diproduksi oleh Musicmatch Inc.
o       DivX Player, bersifat freeware atau komersial, diproduksi oleh DivXNetwork Inc.
o       Real Player, bersifat komersial dan diproduksi oleh Real Networks.
o       XMMS, audio player bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License.
o       Xine, DVD player yang bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License.

Audio/Video Editor.

Video/audio editor adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit dan memanipulasi informasi dalam bentuk video dan audio. Banyak sekali proses dalam mengedit video dan audio, contohnya adalah proses pemotongan, penggabungan, konversi format audio/video, dan manipulasi kualitas audio/video. Beberapa jenis perangkat lunak media player adalah:
o       Adobe Premiere Pro, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
o       Adobe Premiere Elements, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
o       Windows Movie Maker, bersifat komersial dan diproduksi Microsoft Corp.
o       Pinnacle Studio, bersifat komersial dan diproduksi oleh Pinnacle Systems.


Graphic/Image Editor.

Image editor adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melukis, menggambar, mengedit dan memanipulasi image atau gambar secara interaktif pada sistem komputer. Banyak sekali jenis perangkat lunak image editor mulai dari dengan fungsi editing yang sederhana sampai dengan yang kompleks. Terdapat dua jenis image yang dihasilkan oleh image editor, yaitu dalam bentuk bitmap image dan vector image. Beberapa contoh perangkat lunak image editor adalah sebagai berikut:
o       Adobe Photoshop, merupakan vector dan bitmap image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
o       Corel Draw, merupakan vector image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.
o       Microsoft Paint, merupakan bitmap image editor. Bersifat komersial dan masuk dalam paket Microsoft Windows.
o       Paint Shop Pro, merupakan vector dan bitmap image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.
o       GIMP, merupakan bitmap dan vector image editor. Bersifat open source dan diproduksi oleh The GIMP Team dengan lisensi GNU General Public License.

Animasi.

Aplikasi animasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk animasi. Animasi adalah gambar bergerak atau video dengan konten gambar yang fiktif, seperti kartun dan gambar tidak riil. Beberapa contoh perangkat lunak animasi adalah sebagai berikut:
o                Macromedia Flash, merupakan perangkat lunak animasi yang banyak digunakan, baik untuk web, presentasi, dll. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Macromedia Inc.
o                Houdini Animation Software, bersifat komersial dan diproduksi oleh Side Effect Software.
o                Power Animator, merupakan generasi pendahulu dari Maya untuk membuat animasi. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias Systems Corporation.

Grafik 3D.

Aplikasi grafik 3 dimensi (3D) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk gambar 3 dimensi. Berbeda dengan format gambar atau image secara umum adalah dalam bentuk 2 dimensi. Gambar 3 dimensi merupakan representasi gambar dalam geometri 3 dimensi. Beberapa contoh perangkat lunak grafik 3D adalah sebagai berikut:
O               3D Studio Max, bersifat komersial dan diproduksi oleh Autodesk Media & Entertainment.
O               Silo 3D Modelling, bersifat komersial dan diproduksi oleh  Nevercenter Ltd. Co.
Maya, bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias Systems Corp.

0 komentar:

Poskan Komentar